Tutorial – Cara Upgrade OS Android Terbaru

Upgrade OS android tidak sesulit yang kita bayangkan, namun tidak semua ponsel android bisa di upgrade dengan Os yang terbaru, semisal Nougat. Jika handphone anda termasuk jenis kawak dan super lawas, sebaiknya jangan berharap lebih, karena hampir semua vendor tidak menyediakan system terbarunya.

Sejatinya Os Android selalu melakukan update versi terbaru, itu dilakukan agar pengguna merasakan nyaman dan selalu mendapatkan service yang terbaik dari android. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa OS yang kita gunakan apakah sudah yang paling akhir. Yang belum tahu apa itu android? silahkan dibaca terlebih dahulu.

pexels-deyvi-romero-89955

Ada beberapa metode yang sering saya gunakan. Diantaranya:

  1. Cek ke Google.com, caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci “Latest Os (tipe handphone anda)” tanpa tanda kurung dan petik. Jika yang terakhir bukan Kitkat maka jangan pernah ngeyel untuk minta ke Kitkat. 😀
  2. Masuk ke Pengaturan » About » Version. Jika “beruntung” akan ada pemberitahuan untuk update dan berarti handphone anda masih bisa diupdate.
  3. Cari ke Website Official masing-masing vendor misal untuk samsung  » https://www.samsung.com/ « cari sesuai dengan type handphone, lalu lihat pada spesifikasi, Os yang tercantum adalah OS yang paling akhir.
    Untuk vendor lainnya, tinggal anda cari di Google 😀
  4. Masuk ke forum Android Lovers, disini anda bisa mencari referensi atau pun sekedar bertanya, yang perlu diperhatikan disini adalah anda harus mengerti bahasa inggris, dan sebelum mengajukan pertanyaan anda harus mencari dulu di kolom search agar tidak terjadi Thread pertanyaan yang berulang.. Ini forumnya https://forum.xda-developers.com/

Dan ini adalah urutan Versi Android Dari awal sampai saat ini :

Alpha1.0September 23, 20081DiscontinuedBeta1.1February 9, 20092DiscontinuedCupcake1.5April 27, 20093DiscontinuedDonut1.6September 15, 20094DiscontinuedEclair2.0 – 2.1October 26, 20095–7DiscontinuedFroyo2.2 – 2.2.3May 20, 20108DiscontinuedGingerbread2.3 – 2.3.7December 6, 20109–10DiscontinuedHoneycomb3.0 – 3.2.6February 22, 201111–13DiscontinuedIce Cream Sandwich4.0 – 4.0.4October 18, 201114–15DiscontinuedJelly Bean4.1 – 4.3.1July 9, 201216–18DiscontinuedKitKat4.4 – 4.4.4October 31, 201319DiscontinuedLollipop5.0 – 5.1.1November 12, 201421–22SupportedMarshmallow6.0 – 6.0.1October 5, 201523SupportedNougat7.0 – 7.1August 22, 201624–25Supported

Sumber : WikiPedia

Setelah mengetahui OS apa yang terakhir tersedia untuk handphone android anda selanjutnya tinggal melakukan upgrade, ada 2 cara yang sering saya lakukan, yang pertama saya menggunakan firmware dan tool untuk flashing, dan yang kedua saya menggunakan fasilitas System Update bawaan Android. Ingat anda harus tahu betul versi android apa pada handphone saat ini, dan kemudian jangan sampai bertanya kepada saya bagaimana cara merubah ke kitkat dan lain sebagainya, yang padahal perangkat anda hanya sampai Jellybean. 😀

Baca juga:  Rekomendasi 8 Smartphone Samsung dengan Baterai Berkapasitas Besar

Cara Melakukan Upgrade OS menggunakan System Update

  1. Pastikan anda menggunakan fasilitas internet super cepat dan aman, jangan sampai gunakan internet berkuota. Saran saya sih mending menggunakan wifi pribadi, minjem temen mungkin, atau pake internet kantor selepas pulang kerja,hehehe.. Tujuannya jelas, agar proses upgrade os tidak putus ditengah jalan.
  2. Pastikan drive anda cukup luas, saran saya ada ruang yang bebas sekitar 512 MB atau 1 GB, lebih juga tidak masalah, sebenernya sih kecil ukurannya, tapi untuk jaga-jaga biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Pastikan Baterai Android anda dalam kondisi prima dan penuh, jika kehabisan ditengah jalan maka anda akan menerima akibatnya, iyaa..mati (mati karena kehabisan baterai). 😀
  4. Backup dulu semua data ke memory External, karena pada drive C akan terformat secara otomatis, atau jika anda menggunakan akun Google bisa juga menggunakan fasilitas backup bawaan google, lebih aman dan praktis, cuman anda harus menyipakan internet yang cepat dan stabil.
  5. Jika dirasa sudah cukup sekarang saatnya anda melakukan Update System, Caranya masuk ke Pengaturan » Tentang Perangkat » Update System sesuaikan denga bahasa pada handphone android anda, untuk english Setting » About » System Update langkah selanjutnya anda harus mengikuti peraturan masing-masing vendor, ada banyak macamnya, dan saya rasa anda psti juga sudah paham. 😀
  6. Dan apabila semua proses telah selesai berarti Os anda sudah terinstal dengan Os yang paling baru. Ingat yang paling baru bukan berarti yang paling terakhir ada saat ini, semua tergantung dari kebijakan vendor masing-masing produk. Kalau mau root os, kamu bisa baca cara root os android all type.

Untuk 6 langkah diatas memang sangat dasar, tapi ini menurut saya yang paling mudah untuk upgrade os android ke yang lebih baru, jika anda ingin mengupgrade menggunakan software dan firmware anda bisa mencari cara nyadi forum XDA yang sudah saya cantumkan diatas. Silahkan bertanya jika ada kesulitan.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Touchscreen Android Dead Spot
Default image
Roy

1-GSM.com salah satu media reparasi ponsel sebagai komunitas yang mesti diikuti oleh pengguna Android.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Home Servis Download
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x