Penyebab Layar Burn In Adalah

Penyebab Layar Burn In Adalah – Layar pada permukaan suatu objek seperti TV, handphone, monitor merupakan faktor utama dalam memuaskan / memanjakan mata para penggunanya. Dan layar tersebut juga merupakan salah satu faktor yang membuat suatu benda tersebut menjadi mahal atau tidak. Semakin hari semakin banyak tipe dari banyak brand ternama smartphone yang menggunakan teknologi OLED sebagai layarnya. OLED sendiri mempunyai teknologi yang sanggup membuat tampilan warna dan kecerahan pada layar sangatlah indah dan benar-benar memanjakan mata.

Akan tetapi dibalik semua keindahan yang ditawarkan, OLED masih tetap mempunyai kekurangan yang kemungkinan membuat beberapa pemakainya berpikir 2x saat ingin membeli sebuah handphone yang menggunakan layar OLED, apalagi handphone tersebut ingin digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kekurangan pada layar OLED adalah apabila telah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, layar tersebut dapat meninggalkan bekas / burn in yang tidak akan hilang meskipun fitur yang terlihat pada layar itu sedang aktif maupun tidak. Misalkan anda tidak mengaktifkan fitur gesture pada handphone anda semenjak anda beli dari baru, maka akan terdapat sebuah navigation bar diposisi paling bawah pada layar handphone (untuk back, home dan menu). Biasanya begitu anda mengaktifkan fitur gesture (anda tinggal swipe kiri kanan atas bawah), maka navigation bar tersebut akan hilang tapi akan meninggalkan bekas dengan ukuran persis navigation bar tersebut dilayar dimana warnanya akan berbeda sendiri. Apabila anda matikan lagi fitur gesture, maka bar tersebut akan kembali berada diposisi layar burn in tersebut.

Ada beberapa tips cara mencegah layar burn in pada OLED yaitu:

  • Hendaknya jangan membiarkan tampilan layar yang monoton dalam jangka waktu yang lama (merubah themes atau wallpaper secara berkala)
  • Jangan menggunakan tingkat brightness maksimal dalam jangka waktu yang lama, dikarenakan LED akan menyinari titik-titik tersebut dengan daya yang lebih tinggi sehingga akan lebih mudah membuat layar burn in.
  • Disarankan untuk menggunakan fitur gesture dibandingkan menggunakan navigation bar.

Jadi kamu sudah mengetahui penyebab layar burn in adalah? Layar burn in tidak terjadi dalam waktu yang singkat dan cara mencegah layar burn in juga hanya memperpanjang umur supaya layar baru akan burn in dalam jangka waktu yang lama. Mungkin malah ada komponen lain yang bisa saja rusak terlebih dahulu dibandingkan layar burn in. Pastikan untuk mencari tahu soal garansi dari produk yang akan anda beli. Semoga informasi ini berguna untuk kita semua, terima kasih telah membaca.

Default image
Budiman
Home Servis Download