Pengertian PBX Dan Cara Kerjanya

Pengertian PBX – Private Branch Exchange atau PBX ialah media penyambung telephone yang biasa digunakan dalam suatu perusahaan. Biasanya pada suatu perusahaan yang besar dimana mempunyai banyak sekali karyawan disuatu ruang usaha yang sangat luas, mereka menggunakan telephone dengan nomor line masing-masing yang telah di settting pada awal instalasi PBX tersebut. Fungsi ini dapat mempermudah dan mempersingkat waktu antar rekan kerja sekantor.

Setting PBX pada awal instalasi akan menggunakan nomor / kode pada setiap telephone yang akan digunakan, jadi begitu ada yang hendak menelepon internal, secara automatis PBX akan ke arah lajur sesuai nomor tujuan pemakai. Mekanisme ini disebutkan dengan Hybrid systems. Sistem kunci ini dibikin dengan pilih lajur keluar khusus dengan tekan nomor external. Tetapi, mekanisme PBX mempunyai code telephone untuk menyambungkan satu aliran dengan aliran luar (DDCO – direct dial central office), dan dituruti dengan nomor external. Mekanisme PBX memungkinkan pemakainya untuk lakukan panggilan telephone secara intern dan external dengan memakai code telephone yang sudah tercatat di Central Office atau di DDCO.

Fitur utama dalam mekanisme PBX ini ialah penghematan ongkos pada panggilan telephone internal dan mengurangi resiko menelepon jaringan telephone intern yang sama pada suatu perusahaan. Selain itu PBX dapat  menyambungkan di antara telephone di perusahaan dengan jaringan intern dan menyambungkan telephone di perusahaan dengan jaringan telephone umum (PSTN – public switched telepon network) lewat trunk, yakni penyambung lajur komunikasi di antara pengirim dengan yang menerima lewat central office. Jaringan ini menyatukan telephone dengan faksimile, modem dan hal yang lain jadi ekstensi dari kekuatan PBX mekanisme lewat trunk. Maka dari itu, telephone dengan mekanisme PBX bukan hanya berperan untuk aktivitas telephone, tetapi dapat mengirimi fax atau modem koneksi internet.

Sebuah mekanisme IP PBX terdiri dari 1 ataupun lebih telephone SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk tersambung ke lajur server, client SIP, baik berbentuk software atau hardware berbasiskan handphone, mendaftarkan ke server IP PBX dan saat mereka ingin membuat panggilan mereka minta IP PBX untuk lakukan panggilan.

IP PBX mempunyai daftar semua handphone atau pemakai dan alamat sesuai SIP mereka dan dengan demikian bisa menyambungkan panggilan intern atau jalur panggilan external baik lewat gateway VOIP.

Demikianlah informasi tentang Pengertian PBX, semoga informasi ini berguna bagi kita semua. Terima kasih telah membaca.

Default image
Budiman
Home Servis Download