Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Di Charger

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Di Charger – Kerusakan perangkat hp yang tidak bisa dicas atau baterai tidak mengisi hampir pernah dialami oleh seluruh merek hp seperti Samsung, Vivo, Oppo, Asus, Lenovo, LG, Advan dan beberapa hp Android lainnya. Tak sedikit para pengguna hp Xiaomi juga mengalami hal demikian dimana mereka menyatakan kalau baterainya sudah lama dicas namun tidak penuh-penuh.

Memang kerusakan ini kerap terjadi dan kita harus mengetahui apa permasalahannya dan kerusakan tidak hanya bersumber dari sistem atau software namun terkadang kerusakan terjadi pada hardwarenya. Untuk mengetahui permasalahannya kita harus melakukan pengecekan dan percobaan agar diketahui apa yang membuat hp Xiaomi tidak dapat dicas.

Sebelum lebih jauh melakukan perbaikan ada baiknya kamu ikuti dulu langkah-langkah dibawah ini sebagai percobaan atau langkah pertama pengecekan mungkin saja akan langsung kamu dapati penyebabnya. Berikut ini yang perlu kalian lakukan :

  • Pertama kalian gunakan terlebih dahulu charger standar yang original selama 15 sampai 30 menit lalu coba nyalakan setelah lampu LED menyala.
  • Jika masih terlihat bahwa baterai di mengisi kalian gunakan charger dan kabel data lain, kemungkinan ada kerusakan pada charger dan kabel tersebut. 
  • Selanjutnya jika tetap saja tidak berhasil, coba kalian cek pada baterainya. Memang cara ini agak sulit karena kalian mencari baterai lain yang sama dengan hp kalian. Kami sarankan coba kalian pinjam baterai teman kalian untuk mengeceknya. Coba kalian gunakan baterai teman kalian. Jika mengisi dengan baik sudah dapat dipastikan memang baterai kalian harus diganti.
  • Namun jika masih tetap tidak mengisi berarti ada kerusakan pada sistem atau komponen-komponen yang berhubungan dengan pengisian. Dan untuk itu ikuti langkah selanjutnya,
Baca juga:  Flash Xiaomi Redmi 7

1. Cek Stop Kontak listrik dirumah anda

Udah cek sana-sini eh ternyata bisa jadi kerusakan ada pada stop kontak listrik atau colokan listrik dirumah anda. Coba kalian colokin charger ditempat lain.

2. Masalah Port USB

Jika cara pertama tidak terbukti, coba cek pada port USB hp anda, apakah ada kawat tembaga yang bengkok bahkan patah. Dan bisa jadi banyak kotoran yang menempel sehingga komponen kawat tembaga dari port kabel USB dan kawat tembaga port pada hp terhalang oleh kotoran tersebut. Jadi bersihkan kotorannya dengan hati-hati.

3. Jaringan sinyal tidak stabil

Pengaruh sinyal yang tidak stabil dapat mempengaruhi baterai yang tidak bisa penuh-penuh. Saat mengecas smartphone yang mencari sinyal akan bekerja ekstra sehingga daya yang dipakai pun besar. Jadi saran kami jika saat kalian mengecas jaringan sedang tidak stabil seperti susah mendpat  jaringan 4G atau 3G alangkah baiknya dicas dalam keadaan mati.

4. Masalah sistem

Untuk kasus yang ini memang kerap terjadi pula pada Xiaomi. Untuk mengatasinya kalian bisa Factory Reset atau juga flashing dan ganti ke ROM yang stabil. Jika kalian sering gonta -ganti ROM bisa juga menjadi masalahnya karena ada beberap ROM yang masih banyak bug atau errornya.

5. Kerusakan komponen pengisian

Kalau kasus yang terakhir ini memang harus kalian serahkan kepada ahlinya ya. Jika memang beberapa pengecekan diatas tidak mengatasi problem pengisian baterai hp Xiaomi anda, kemungkinan besar memang kerusakan komponen didalam hp Xiaomi anda. Silahkan bawa ke tempat servis terbaik dan terpercaya.

Default image
Roy

1-GSM.com salah satu media reparasi ponsel sebagai komunitas yang mesti diikuti oleh pengguna Android.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Home Servis Download
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x