Cara Memperbaiki Touchscreen Android Dead Spot

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Dead Spot – Apakah anda saat ini mengalami masalah touchscreen kalian yang dead spot atau mati sebagaian. Saat anda menekan touchscreen bagian atas mungkin berfungsi namun pada bagian bawah tidak berfungsi atau pun bagian layar samping kanan berfungsi sedangkan kiri tidak. Nah ini lah disebut rusak sebagian atau rusak sebelah.

Walau layar normal tidak ada pecah namun mengapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya banyak penyebab mengapa touchscreen kamu dead spot. Dibawah ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab.

  • Anda menggunakan charger lain merek atau yang tidak standart
  • Hp tertekan kuat atau tertindih benda berat sehingga merusak komponen-komponen Touchscreen walau layar terlihat tidak pecah atau retak
  • Sistem android yang mulai melemah baik karena tidak pernah diupdate atau memang kapasitas RAM dan memori internal sudah darurat sehingga membuat kinerja touchscreen juga terganggu.
  • Mungkin memang ada keretakan tapi tak kasat mata. Ada beberapa smartphone yang layar sedikit saja retak lalu fungsinya error namun ada pula smartphone yang layarnya sudah retak tapi tidak berpengaruh pada fungsinya.

Mungkin itulah beberapa penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasinya? yuk langsung saja simak ulasan kami dibawah ini. Semoga saja bisa membantu mengatasi dead spot pada touchscreen kalian.

1. Aktifkan pointer location yang berfungsi untuk mengecek apakah bagian layar kamu sentuh benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif saja. Untuk caranya kalian tinggal masuk menu setting lalu pilih about. Selanjutnya akan muncul Build Number silahkan tekan 7 kali atau paling sedikit 5 kali tergantung merek hp kalian. Tekan sebanyak angka tadi sampai jadi mode pengembang

Selanjutnya kembali ke pengaturan awal dan pilih developer option atau pengembang kamudian pilih pointer location. Aktifkan Pointer Location dengan cara mencentang pada kolom yang sudah tersedia. Setelah itu kalian sentuh layarnya seperti biasa. Nanti saat kamu tekan terdapat 2 garis yang bertemu menandakan bagian yang kamu klik berfungsi. Namun jika tidak muncul berarti memang touchscreennya sudah rusak sebagian dan sebaiknya harus diganti baru.

2. Cek posisi LCD

Namun sebelum terburu-buru mengganti touchscreen yang baru coba kalian cek dulu posisi dari LCD kalian dan juga touchscreenya. Pastikan tidak bergeser dan cek juga fleksiblenya apakah ada yang terputus atau longgar pada socketnya. Bila perlu bersihkan pada bagian socket tersebut dengan cairan khusus seperti Contact Cleaner.

3. Cek fisik LCD

Seperti yang kami sebutkan tadi diatas kemungkinan ada keretakan walau sedikit tapi bisa berpengaruh. Untuk mengeceknya cari tempat terang atau terangi dengan senter. Lihat benar-benar  touchscreennya adakah retak walau sehalus rambut tetap itu bisa jadi masalah. Jika demikian maka kalian harus mengganti touchscreen yang baru yang harganya relatif murah jika hanya touachscreennya saja. Namun perlu diingat ada touchscreen dan lcd yang terpasang cukup erat dan butuh keahlian khusus untuk memisahkannya agar lcd tidak ikut terlepas atau sampai pecah.

Kemungkinan itulah penyebabnya. Kesimpulan dari kami memang kerusakan ini lebih cenderung ke hardware dibanding softwarenya. Namun jika terjadi kerusakan pada software cara tepat adalah melakukan factory reset atau flashing. Semoga informasi ini bermanfaat.

Home Servis Download
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x